Dosen dan Mahasiswa PPL Universitas Teknokrat Beri Pelatihan Pemanfaatan Kelas Dalam Jaringan (Daring) Guru SMA Gajah Mada

Dosen dan Mahasiswa PPL Universitas Teknokrat Beri Pelatihan Pemanfaatan Kelas Dalam Jaringan (Daring) Guru SMA Gajah Mada

Bandarlampung, – Keberadaan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia, sangat dirasakan manfaatnya oleh sekolah. Sebab, mahasiswa peserta PPL Universitas Teknokraf sebegai salah satu PTS Terbaik di Lampung ini, tidak hanya mengajar, tapi juga memberi pelatihan kepada para guru dalam pemanfaatan kelas daring.

Di masa pandemi Covid-19 dan menyongsong tatanan normal baru (new normal), sekolah tingkat SLTA menerapkan pembelajaran sistem daring. Guru pun dituntut bisa memanfaatkan teknologi informasi, sehingga bisa melaksanakan proses pendidikan kepada peserta didik.

Termasuk SMA Gajah Mada Kota Bandarlampung yang menerapkan sistem daring dalam pembelajaran. Karena tidak semua guru mahir dalam teknologi informasi, maka untuk membantu dan mempermudah pembelajaran sistem daring, mahasiswa peserta PPL Universitas Teknokrat Indonesia bersama dosen, memberi pelatihan pemanfaatan kelas daring untuk mendukung pembelajaran pada tatanan new normal ini.

Dalam pelatihan ini, Wakil Rektor IV Universitas Teknokrat Indonesia Achmad Yudi Wahyudin, MPd, turun langsung memberi pelatihan kelas daring sebanyak 38 guru SMA Gajah Mada Bandarlampung, Senin (27/7/2020).

Yudi dibantu mahasiswa peserta PPL, langsung memberikan materi praktis dalam pengajaran sistem daring. Di musim pandemi Covid-19, sekolah belum menerapkan pembelajaran tatap muka. Namun pengajaran dilakukan secara daring atau online. Kaitannya dengan metode ini, maka guru dituntut mahir dalam bidang teknologi informasi sehingga mempermudah pengajaran kepada peserta didik.

Achmad Yudi Wahyudin memberikan Pelatihan Penerapan Blended Learning kepada guru SMA Gajah Mada. Blended Learning atau pembelajaran campuran program pendidikan formal yang memungkinkan siswa belajar melalui konten dan petunjuk yang disampaikan secara daring atau online dengan kendali mandiri terhadap waktu, tempat, urutan, maupun kecepatan belajar.

Atas pelatihan yang diberikan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Muhammad Ali, S.Pd. dan para guru SMA Gajah Mada mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Pendidikan Teknokrat, Rektor, Wakil Rektor, Dekan FSIP Teknokrat, kepala sekolah yang telah memfasilitasi para guru sehingga bisa belajar dan latihan pembelajaran secara daring. Apa yang telah dilakukan ini, merupakan wujud nyata kontribusi Universitas Teknokrat Indonesia dalam memajukan pendidikan di Provinsi Lampung.

Pelaksanaan PPL FSIP Universitas Teknokrat dimulai dari tanggal 20 Juli sampai 10 September 2020 tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Kegiatan PPL ini diikuti oleh sebanyak 97 mahasiswa aktif Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan yang telah memenuhi syarat PPL.

Mahasiswa yang melaksanakan PPL berasal dari tiga program studi, yakni Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Olahraga dan S1 Pendidikan Matematika. Para peserta PPL tersebar di 25 sekolah yang berada di 10 kabupaten/kota di Provinsi Lampung

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *