Melalui PKL, Kampus Universitas Teknokrat Indonesia Dorong Mahasiswa Terlibat Pembangunan Kota

Bandar Lampung – Untuk meningkatkan kemampuan kerja, sejumlah mahasiswa Universitas Teknokrat  Indonesia (UTI) mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang dibeberapa bidang.

Khusus Mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia, ditempatkan pada pembangunan proyek milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, salah satunya yakni Flyover Jalan Sultan Agung.

Para Mahasiswa Teknik Sipil terjun langsung dalam pembangunan Flyover, dimulai dari merangkai ram besi untuk dasaran jalan beton agar struktur bangunan jalan layang tersebut lebih kuat.

Meskipun Bandar Lampung masih diterpa pandemi corona, Kegiatan PKL tetap menjadi syarat wajib yang harus dilakukan mahasiswa untuk dapat lulus menjadi seorang Sarjana Teknik.

Wakil Rektor I UTI, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM. menjelaskan bahwa PKL pada jurusan teknik sipil dilakukan pada beberapa proyek infrastruktur, diantaranya dapat dilakukan pada proyek pembangunan jembatan layang.

“Kehadiran mahasiswa dalam praktik langsung pada pembangunan Flyover ini sebetulnya bukan hanya soal akademik atau SKS, tetapi juga peningkatan kemampuan. Dimana mahasiswa bisa berkolaborasi langsung mengenai pengerjaan di lapangan, juga belajar mengambil keputusan dalam pekerjaannya yang belum didapatkan pada teori dikelas,” jelasnya.

Mahathir mengatakan, PKL akan dilaksankan selama dua bulan, meliputi pengamatan mengenai alat dan bahan yang digunakan pada struktur bangunan Flyover. Serta mempelajari metode dan tahapan pengerjaan, dan juga manajemen proyek dimana tempat mahasiswa melaksanakan PKL.

“Kampus Teknokrat memberikan ruang yang lebih besar kepada mahasiswa untuk ikut terlibat dalam program-program pembangunan kota, mereka bisa mengambil peluang ini selama dua bulan di luar kelas,” ujarnya.

Mahatir menambahkan, PKL tidak hanya pada proyek pembangunan jembatan layang sultan agung tetapi juga bisa di berbagai proyek infrastruktur lainnya, yang ada di Lampung. Diantaranya, bendungan, embung dan super blok.

      

#universitasteknokratindonesia #ayokuliah #alumni #smk #sma #kampusterbaik #kampusterbaikdilampung #penerimaanmahasiswabaru2020 #lldiktiwilayah2 #pelajarlampung #pelajar #kampusswastaterbaikdilampung #perguruantinggiswastaterbaikdilampung #ptsterbaikdilampung #mahasiswateknokrat #PKMTeknokrat #lldiktiwilayah2 #lldiktii2

Leave a Comment