Universitas Teknokrat Indonesia Deretan Kampus Terbaik di Lampung

Universitas Teknokrat Indonesia Deretan Kampus Terbaik di Lampung

Bandar Lampung – kampus terbaik di Lampung –  Apakah Kamu memiliki tujuan untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke kota Bandar Lampung? Bagi Kamu yang masih bingung mencari Universitas yang tepat di Lampung , Universitas Teknokrat Indonesia merupakan kampus yang sangat tepat untuk kalian melanjutkan studi lanjut ke jenjang pendidikan tinggi, terbukti dengan diraihnya Kampus terbaik dan populer di Provinsi Lampung versi Klasterisasi Kampus.

Universitas Teknokrat Indonesia masuk dalam empat Besar Kampus Terbaik di Lampung. Kedepannya, teknokrat sebagai peguruan tinggi swasta terbaik di Lampung akan meningkatkan klasterisasi menjadi world class university.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM. saat gelaran Program Orientasi Pendidikan Tinggi (PROPTI) tahun akademik 2020/2021, di gelanggang Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE., MBA UTI, Kamis 24 September 2020.

Mahathir muhammad mengatakan, untuk mencapai target tersebut Universitas Teknokrat Indonesia akan meningkatkan klasterisasi dengan upaya meningkatkan penelitian publikasi ilmiah, PkM dan penguatan produk inovasi. “Mentargetkan deretan teratas perguruan tinggi terbaik di Lampung, dengan meningkatkan akreditasi Program studi menjadi Baik Sekali. Semoga semua target terpenuhi,” ucap Wakil Rektor 1 tersebut.

Menurutnya, masa pandemi Covid-19 mempunyai dampak kehidupan yang sangat luas termasuk dampak pendidikan. Namun hal tersebut tidak menghambat proses pendidikan para mahasiwa Universitas Teknokrat Indonesia, sebab segala kebutuhan dan fasilitas untuk belajar secara online sudah sangat maju dan terdepan. “Perlu disyukuri mahasiswa yang bisa melanjutkan kuliah di Universitas Teknokrat Indonesia. Karena Universitas Teknokrat Indonesia sudah menerapkan pembelajaran secara daring/online sebelum terjadi pandemi Covid-19,” lanjut dalam sambutannya.

Tidak hanya siap memfasilitasi pembelajaran secara online, Universitas Teknokrat bahkan sudah menjadi pelatih para guru dibeberapa SD, SMP dan SMA di Lampung untuk memperkuat ilmu pembeljaran secara daring. “Kita juga mendapat skor terbaik nilai 4 dari Kemendikbud terkait sistem pembelajaran online. Pembelajaran sistem online Universitas Teknokrat telah mempunyai modul spada. Dimana sistem ini, mahasiswa mendapat materi dari dosen dan mahasiswa bisa belajar dari materi yang lebih luas dari berbagai ahli dan kampus dari berbagai belahan dunia,” paparnya.

Universitas Teknokrat Indonesia yang memiliki 3 Fakultas yaitu: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis selalu mengedepankan mutu pendidikan yang berorientasi kepada kemajuan tekhnologi informasi.

Sementara, terkait dengan digelarnya propti, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan pola fikir baru kepada para mahasiswa. transisi pemahaman dan pola fikir dari siswa ke mahasiswa, dan juga transisi dari proses pembelajaran yang berbeda saat masih di sekolah menengah ke Perguruan Tinggi. Wakil Rektor 1 juga menjelaskan pentingnya suatu pendidikan karakter.

“Dalam sistem daring seperti sekarang, penanaman pendidikan karakter tentu mengalami hambatan karena tidak bisa dikontrol secara langsung dan menjadi perhatian penting untuk para pendidik. harapannya dosen dan mahasiswa tetap memperhatikan pendidikan karakter, selain harus berprestasi bidang akademik. Mahasiswa juga harus terampil bidang lainnya dengan tetap menjunjung tinggi nilai akhlakul karimah,” pungkasnya.

Universitas Teknokrat Indonesia di dalam pola pendidikan selalu mengedepankan mutu, dan menjunjung tinggi tri darma perguruan tinggi yaitu:

1. Pendidikan dan Pengajaran
Pendidikan dan Pengajaran sangat penting dalam satu proses belajar pada institusi pendidikan manapun. Di Indonesia sendiri, undang-undangan pendidikan tinggi menjelaskan tentang arti pendidikan.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Tanpa proses belajar yang baik, tentunya SDM unggul dan berkualitas akan minim dihasilkan dan tentunya akan berefek kepada proses pembangunan bangsa. Orang-orang hebat yang mengelola dan memberikan dampak kemajuan bagi Indonesia, tentu saja berawal dari proses belajar yang baik. Walauun memang proses belajar tidak selalu di lembaga formal seperti perguruan tinggi, tetapi usaha belajar di perguruan tinggi harus benar-benar berkualitas dan memastikan hasilnya akan baik.

Selain itu, undang-undang dasar 1945 juga mendukung hal tersebut. Disampaikan bahwa negara harus ikut serta pada proses mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu, pendidikan dan pengjaran adalah poin penting yang harus dituju oleh perguruan tinggi.

2. Penelitian dan Pengembangan
Mahasiswa dan kultur kampus yang berbasis pada penelitian dan pengembangan, akan menghasilkan SDM yang cerdas, kritis, kreatif, dan tentu tidak sekedar bekerja ketika nanti berada di lapangan karirnya.

Pada umumnya, negara-negara maju yang ada di dunia, memiliki kultur penelitian dan pengembangan yang sangat tinggi. Perkembangan teknologi yang sangat cepat, inovasi baru, dan bahkan produk-produk penyelesaian masalah yang mutakhir, lahir dari penelitian dan pengembangan.

Research and Development, adalah hal yang harus senantiasa dilakukan oleh bangsa ini jika ingin maju dan berkembang. Melaksanakan penelitian dan pengembangan, tentunya akan berdampak kepada majunya ekoomi, pendidikan, sosial, dan sektor-sektor lainnya di masyarakat.

Mahasiswa perguruan tinggi pada umumnya adalah orang-orang yang dididik di kampus dan terbiasa untuk membuat penelitian, membuat laporan, melaksanakan tugas sesuai dengan ilmu yang dipahami, bukan hanya asal-asalan atau sekedar mengikuti kebiasaan saja.

Mahasiswa dan kultur kampus yang berbasis pada penelitian dan pengembangan, akan menghasilkan SDM yang cerdas, kritis, kreatif, dan tentu tidak sekedar bekerja ketika nanti berada di lapangan karirnya. Untuk itu, kedepannya ia akan menjadi agent of change, Social Control, pemimpin masa depan yang mampu memecahkan masalah, serta orang-orang penuh keahlian yang mampu memberikan solusi atas berbagai masalah.

Keahlian penelitian & pengembangan akan membantu kamu menjadi mahasiswa berprestasi.

3. Pengabdian Kepada Masyarakat
Apakah sobat Mahasiswa pernah mengetahui atau mendengar adanya mahasiswa tingkat akhir yang melakukan kerja lapangan di berbagai daerah pelosok Indonesia? Hal tersebut tentunya bukan sekedar formalitas atau aktivitas biasa. Kegiatan tersebut adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang juga bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ilmu yang bermanfaat tentunya bukan hanya ilmu yang disimpan untuk diri sendiri atau sekedar disimpan dalam pikiran kita, melainkan ilmu yang diamalkan sesuai fungsinya dan memberikan manfaat untuk orang banyak. Akan menjadi percuma jika ilmu yang kita miliki sangat menjulang setinggi langit, namun tidak memberikan dampak perubahan yang signifikan untuk masyarakat.

Dalam Undang-Undang pendidikan tinggi, disebutkan bahwa pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kamu bisa memulai kegiatan pengabdian masyarakat dengan menjadi relawan disebuah kegiatan sosial. Menjadi relawan akan banyak memberikan manfaat, diantaranya adalah 5 manfaat menjadi relawan yang dijelaskan diartikel berikut.

Tanpa jiwa dan semangat pengabdian kepada masyarakat, tentu saja tidak akan ada artinya. Mahasiswa hanya menjadi cikal bakal manusia yang egois dan tidak peduli terhadap masyarakat. Tentu bukan sesuatu yang baik, dimana mahasiswa adalah harapan besar bangsa ini dan diharapkan mampu tumbuh, berkembang, dan menjadi harapan masa depan bangsa.

#universitasteknokratindonesia #smk #sma #kampusterbaik #kampusterbaikdilampung #kampusswastaterbaikdilampung #perguruantinggiswastaterbaikdilampung #ptsterbaikdilampung #mahasiswateknokrat #PKMTeknokrat #lldiktiwilayah2 #lldiktii2 #kampustoplampung #kampustop #kampustopindonesia #kampusmerdeka #kampustopsumatera #kampusberprestasi #kampuskeren #kampusbermutu #kampusbergengsi #Kemdibud #Studi #Mahasiswa #Kampusjuara #Kampusinternasional
#kampusentrepreneur #Kampustechnopreneur #Kampusinovasi #Kampusreligius #Kampushits #Kampusmelenial #Kampuskekinian #Kampuskeren

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *