Blog

  • Home
  • PENGUMUMAN. PENERIMAAN PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) UNTUK PENDANAAN TAHUN 2021

PENGUMUMAN. PENERIMAAN PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) UNTUK PENDANAAN TAHUN 2021

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia  melalui Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan seitap tahunnya membuka kesempatan bagi Mahasiswa/i aktif di Perguruan Tinggi di Indonesia untuk mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh-kembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir berlandaskan penguasaan sains dan teknologi, serta keimanan yang tinggi. Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu implemetasi Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan tersebut juga dimaksudkan dalam rangka untuk menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu mengantisipasi, memahami bahkan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dicanangkan PBB dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) tahun 2015 – 2030. PKM juga dirancang untuk mengadopsi teknologi digital yang telah hadir di setiap kehidupan, oleh karna itu mulai 2019 diperkenalkan satu bidang baru PKM yaitu PKM-GFK atau PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif. Dengan hadirnya bidang PKM-GFK, maka pada pedoman PKM 2018 memuat tiga kategori PKM, yakni : 1) PKM 5 Bidang; 2) PKM-KT dan 3) PKM-GFK.

Universitas Teknokrat Indonesia sebagai salah satu Perguruan Tinggi Terbaik di Lampung ikut serta dalam mendukung kegiatan ini untuk membentuk Pengetahuan Akademik serta Critical Thinking yang akan tercermin melalui Mahasiswa/i yang memiliki kemampuan dan kualitas lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan yang dihadapinya. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Kemahasiswaan membuka kesempatan kepada Mahasiswa/i aktif pada jenjang D3 dan S1 dari semua Program Studi di Universitas Teknokrat Indonesia untuk mengajukan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk dapat di review secara internal agar dapat diajukan dan diunggah ke sistem PKM simbelmawa.

JENIS PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM)

Adapun Tiga kategori jenis Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dapat diajukan, yakni :

1). PKM 5 BIDANG

  1. PKM Penelitian (PKM-P), 
  2. PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), 
  3. PKM Kewirausahaan (PKM-K), 
  4. PKM Teknologi (PKM-T), dan 
  5. PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

2). PKM-KARYA TULIS

  1. PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan
  2. PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).

3). PKM-GAGASAN FUTURISTIK KONSTRUKTIF (PKM-GFK)

PENDAFTARAN

Pengajuan Proposal PKM harus mengikuti Buku Pedoman yang telah disusun dan dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Pedoman PKM 2020 (saat ini) atau dapat diunduh pada bagian bawah pengumuman ini.

Proposal yang telah diperiksa dan diberi masukkan akan dikirim melalui  E-Mail Ketua Tim. Bagi kelompok mahasiswa yang berminat dapat mengisi dan mengunggah softfile draft proposal melalui  link berikut ini:

LinkPendaftaran: http://bit.ly/FORMPKMUNIVERSITASTEKNOKRATINDONESIA

Catatan:

  • BATAS PENERIMAAN PENGAJUAN PROPOSAL SAMPAI DENGAN 15 DESEMBER 2020 PUKUL 23.59 WIB.

Untuk keterangan lebih lanjut, mahasiswa dapat menghubungi Bidang Kemahasiswaan (Bapak Parjito, S.Kom.,M.Cs) atau melalui pesan e-mail di kemahasiswaan@teknokrat.ac.id dengan Subject: PKM 2021

Bandarlampung, 25 November 2020

Bidang Kemahasiswaan
Universitas Teknokrat Indonesia

Lampiran:
Buku Pedoman PKM 2020 (Saat Ini)
Unduh

Leave a Comment