Universitas Terbaik Di Lampung, Teknokrat Dirintis 35 Tahun Dari Lembaga Kursus Menjadi Kampus Berprestasi

Bandarlampung,– Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas swasta Terbaik di Lampung. Prestasi yang dicapai oleh Universitas Teknokrat Indonesia sangat luar biasa mengingat kampus ini belum lama beralih status dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas Teknokrat Indonesia. Tapi, di balik megahnya kampus Teknokrat yang cukup terkenal sekarang, banyak yang belum tahu kalau kampusnya sang juara ini berangkat dari nol berupa lembaga Kursus dan Bimbingan Technocrat pada 19 Februari 1986 berlokasi di Jl. Kartini Tanjungkarang.
Lembaga Kursus dan Bimbingan Technokrat yang dirintis oleh Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA dan istri Hj. Hernaini, SS, M.Pd, bermodalkan sebuah motor bekas merk Bajaj yang dijual Rp 1.600.000. Pada awal berdirinya, hanya menggunakan satu gedung yang disewa Rp 1.000.000, pertahun, dengan perlengkapan yang didesain sendiri yaitu dua papan tulis kapur, 50 kursi dari kayu, satu meja tata usaha, dan mesin tik manual.
Program yang diselenggarakan pada awal pendiriannya masih terbatas pada kursus Bahasa Inggris, Akuntansi, bimbingan Belajar, dan Mengetik Manual. Warga belajar pada waktu pertama kali dibuka dibulan maret 1986 terdiri dari 32 warga belajar Bahasa Ingris (2 kelas), 22 warga belajar Akuntansi, dan 8 warga belajar mengetik manual. Pada bulan Mei 1986 Bimbingan Belajar dimulai dengan jumlah 3 peserta. Tenaga pengajar pada saat itu hanya dua orang yaitu Nasrullah Yusuf sendiri yang mengajar Bahasa Inggris, Akuntansi, Mengetik,
Bimbingan Belajar dan merangkap tata usaha, Ny. Hernaini Nasrul mengajar Bahasa Inggris dan Mengetik Manual. Pada tahun 1995 Kursus dan Bimbingan Technocrat berganti nama dalam rangka Indonesianisasi menjadi Lembaga Pendidikan Teknokrat. Lembaga ini membawahi dua departemen yaitu Departemen Kursus dan Bimbingan, serta Departemen Lembaga Pendidikan Bisnis dan Manajemen. Lembaga Pendidikan Bisnis dan Manajemen berupaya untuk terus mengembangkan program-program pendidikannya.
Pada tahun 1996, Program Pendidikan Satu Tahun Teknokrat memulai proses pembelajarannya. Sampai saat ini Program Pendidikan Satu Tahun Teknokrat menyelenggarakan Program Pendidikan Satu Tahun Siap Kerja ECOMTEC (English Computer Techlogy Infomation), komputer Akuntansi, Komputer Desain Grafis, Komputer Sekretaris, dan Bahasa Inggris.
Berkat kegigihan dan keuletan Nasrullah Yusuf juga dosen di FEB Unila waktu itu, pada tahun 2000 mendirikan Perguruan Tinggi Teknokrat. Perguruan tinggi ini terdiri dari tiga institusi, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Teknokrat, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Teknokrat dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Teknokrat telah mendapat ijin operasional dan status badan hukum pada tanggal 8 Februari 2001 serta status terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendididkan Nasional dengan Nomor; 13/D/O/2001.
STMIK Teknokrat memiliki dua program studi Strata Satu yaitu Teknik Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI). Kedua program studi tersebut telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Teknokrat telah mendapatkan ijin operasional dan status badan hukum pada tanggal 9 Juni 2000 serta status terdaftar di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 92/D/O/2000. AMIK Teknokrat memiliki tiga program studi Diploma Tiga yaitu Komputer Akuntansi (KA), Manajemen Informatika (MI) dan Teknik Komputer (TK).
Terhitung sejak tahun 2003 hingga saat ini ketiga program studi tersebut elah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat telah mendapat ijin operasional dan status badan hukum pada tanggal 25 April 2000 serta status terdaftar di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendididkan Nasional dengan Nomor; 48/D/O/2000. STBA Teknokrat memiliki satu program studi Strata Satu yaitu Sastra Inggris dan dua program studi Diploma Tiga yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.
Sejak tahun 2003 hingga saat ini ketiga program studi yang ada di Sekolah Tinggi Bahasa asing Teknokrat telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Perkembangan Perguruan Tinggi STMIK-AMIK-STBA Teknokrat semakin pesat. Pesatnya perkembangan Perguruan Tinggi STMIK-AMIK-STBA Teknokrat telah diakui hingga tingkat internasional, hal ini dibuktikan dengan diterimanya Sertifikat Manajemen Mutu Internasional ISO 9001:2008 yang diterbitkan oleh SAI Global dari Australia untuk Perguruan Tinggi STMIK-AMIK-STBA Teknokrat.
Dalam rangka meningkatkan sumbangsih Yayasan Pendidikan Teknokrat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pada tahun 2015 Yayasan Pendidikan Teknokrat berinisiatif untuk meningkatkan kapasitas institusi ketiga lembaga pendidikan tinggi (STMIK AMIK dan STBA Teknokrat). Pada tahun 2015 Yayasan
Pendidikan Teknokrat mengajukan usul kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk menggabungkan ketiga lembaga pendidikan tinggi yang diselenggarakan dan berubah bentuk menjadi universitas. Usaha dan kerja keras Lemba Pendidikan Teknokrat yang dipimpin HM Nasrullah Yusuf mendapatkan hasil dengan direstuinya penggabungan STMIK-AMIK-STBA Teknokrat menjadi Universitas dengan nama
Universitas Teknokrat Indonesia dengan Surat Ketetapan Nomor 494/KPT/I/2017 yang mulai berlaku Tanggal 18 September 2017. Universitas Teknokrat Indonesia menyelenggarakan 3 fakultas meliputi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan. Tanggal 19 Februari merupakan tanggal dan bulan bersejarah bagi Universitas Teknokrat dan pasangan HM. Nasrullah Yusuf-Hj. Hernaini.
Karena tanggal 19 Februari 1986 menjadi cikal bakal Universitas Teknokrat Indonesia berdiri. Sehingga Universitas Teknokrat Indonesia berusia 35 tahun. Sedangkan tanggal 19 Februari 1979, merupakan hari bersejarah bagi pendiri dan pemilik Universitas Teknokrat Indonesia HM. Nasrullah Yusuf-Hj. Hernaini, mengawali biduk rumah tangganya dan mengokohkan rumah tangganya hingga tahun ke-42.
Saat ini, Universitas Teknokrat berdiri megah di tengah kota Jl. ZA. Pagar Alam No.9 -11, Labuhan Ratu dan Kecamatan Kedaton Kota Bandarlampung. Berubah status menjadi Univetsitas, Teknokrat semakin maju dan berprestasi baik mahasiswanya maupun lembaganya. Ini dapat dilihat belum lama ini kampus Universitas Teknokrat Indonesia sang juara ini juga mendapat Akreditasi A dan Akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT. Pada tahun 2020 ini, sebanyak 2.136 Perguruan Tinggi Indonesia masuk dalam klasterisasi, 48 diantaranya dari jumlah tersebut adalah Perguruan Tinggi yang ada di Lampung.
Universitas Teknokrat Indonesia telah mendapat akreditasi A dan Akreditasi Baik Sekali. Ini sesuai dengan sertifikat yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 2088/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dpl-III/IV/2020, bahwa Program Studi Sistem Informasi Akuntansi pada Program Diploma III Universitas Teknokrat Indonesia, memenuhi syarat peringkat Akreditasi A.
Selain itu, Universitas Teknokrat Indonesia juga meraih “Akreditasi Baik Sekali” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), pertama di Sumatera. Akreditasi baik sekali ini berdasarkan surat keputusan BPN PT nomor: 643/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2020, dengan nilai 304. Pada tanggal 17 Februari 2021, Program Studi S1 Teknik Komputer Universitas Teknokrat Indonesia meraih predikat Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Leave a Comment

Kemahasiswaan Teknokrat