Program Kreativitas Mahasiswa S1 Informatika Umar Wira Hadi Kesuma kepada Siswa Sekolah Dasar Membuat Aplikasi Game Edukasi Bola Besar sebagai sarana Pembelajaran Interaktif.
SDN 2 Gunung Terang merupakan Sekolah Dasar yang beralamatkan di Jalan. Imam Bonjol, Sumber Rejo, Kec. Kemiling Kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil dari observasi dan juga wawancara di SDN2 Gunung Terangdengan Narasumber Ibu Lisa Novani, S.Pd selaku Guru SDN2 Gunung Terang,
Menurutnya, kesulitan yang dihadapi oleh siswa/i adalah belum memahami apa saja jenis-jenis bola besar.
Media pembelajaran merupakan suatu instrumen yang mampu mendukung proses pendidikan dengan membuat pesan yang disampaikan menjadi lebih terang dan memungkinkan tujuan pendidikan atau pembelajaran tercapai secara efisien dan efektif. Seiring berkembangnya teknologi, anak-anak usia
sekolah dasar cenderung ingin mengetahui banyak hal, dan saat ini, teknologi telah menjadi sarana pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam konteks ini.
Dalam ranah pendidikan, teknologi memiliki peran khusus dalam proses belajar mengajar, termasuk penggunaan game edukasi berbasis Android sebagai salah satu contohnya.
Untuk mengenalkan aplikasi game edukasi yang dapat digunakan oleh guru sebagai pendukung dalam mengenalkan olahraga bola besar kepada murid berbasis android.
Berdasarkan hasil PKM yang telah dilakukan oleh penulis dapat menarik dan pembuatan aplikasi game edukasi bola besar di Sekolah Dasar Negeri 2 Gunung Terang sebagai sarana pembeljaran interaktif telah berhasil dilakukan. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran bola besar melalui media yang lebih menarik dan interaktif.
Universitas Teknokrat Indonesia berkomitmen untuk terus membentuk Mahasiswa menjadi sosok yang tangguh dan berilmu serta memiliki akhlak mulia.